Penerapan Pembelajaran Sharf dengan Menggunakan Metode KH Muhammad

Perubahan kalimat yang banyak dalam bahasa Arab membuat siswa kesulitan dalam mengartikan teks yang berbahasa Arab, siswa kurang memahami tentang arti kata yang telah berubah dari bentuk asal ke bentuk lain. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin 
mengetahui secara mendalam tentang proses pembelajaran sharf di SMP Terbuka dengan menggunakan metode sharf KH Muhammad Yusuf, dan ingin mengetahu faktor-faktor pendukung serta factor penghambat dalam metode ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desrkriptif dengan sumber data yaitu wawancara langsung terhadap guru di SMP Terbuka yang terletak di desa Wanar Kabupaten Lamongan. 

\Hasil dari penelitian ini adalah siswa di wajibkan menghafalkan satu wazan beserta contohnya dalam waktu satu hari. Serta fokus materi pada empat bina’ yang paling sering di temukan di tek-teks berbahasa Arab. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran ini adalah kitab sharf, guru, dan asrama pesantren. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran ini adalah motivasi siswa serta latar belakang siswa pada jenjang sebelumnya.

Unduh dan baca selengkapnya, klik di sini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar