Dari Bilik Toko Bunga


Setiap akhir pekan, terkadang saya gunakan untuk berkebun. Hari itu, saya harus menambah media di beberapa pot bunga. Enam kompos yang baru saya beli ternyata kurang. Setidaknya 2 bungkus lagi. Saya harus kembali ke toko bunga. Cuma 5 menit, saya sudah pun tiba dengan motor di toko tersebut.
“Bu, 2 bungkus lagi ya komposnya!” sapa saya.
Dengan sigap, ibu itu mengambilkan 2 bungkus komposnya. Dia angkat sendiri dan menaruhnya di motor saya. Jadi teringat yang sebelumnya.
“10 ribu saja Pak!” katanya sambil menghampiri saya.
“Buat bertanam di kantor Pak?” sambungnya.
“Tidak bu, di rumah saja.” Sahut saya ringan.
“Hem...  Bapak ini Pak guru ya?”
“Loh... kok tahu bu?”
“Yah... kelihatan saja...”
Setelah membayar, saya pun bergegas kembali ke rumah. Entahlah, pikiran kok teringat kembali pada tebakan ibu tadi. Dari mana dia tahu saya guru. Mungkin saja dia ahli menebak orang, baik dari penampilan dan tutur bicaranya.
Pikiran saya terus melangkah mundur pada saat pertama membeli kompos sebelumnya. Yang melayani berbeda. Seorang ibu juga. Bedanya, yang pertama lebih dingin dan pelit bicara. Bahkan, sy harus mengambil sendiri bungkusan komposnya. Sedangkan yang kedua, pelayannya lebih ramah.
Dua perbedaan yang memberikan rasa berbeda, meski dari toko yang sama. Yang jelas, pelayan kedua lebih memberikan kesan. Setidaknya, tiga pelajaran yang dapat kita petik adalah:
Pertama, sapalah pelanggan anda dengan ramah dan wajar. Keramahan memberikan kesan menyenangkan. Kewajaran memberikan kesan nyaman.
Kedua, berikan kejutan servis pada pelanggan. Pelayan toko kedua telah berhasil melakukannya. Dia mengambilkan bungkusan kompos, membawakan dan menaruhnya di motor pelanggan.
Ketiga, lakukan main reading, yaitu teknik membaca pikiran agar lebih akrab dengan pelanggan. Ibu kedua telah melakukannya dengan baik dengan 2 tebakan, satu, untuk apa saya beli kompos, dua, apakah saya seorang guru. Tebakan pertama salah. Tebakan kedua benar. Jadi, main reading tidak harus benar. Karena yang penting tujuannya adalah membangun keakraban (rapport) dengan pelanggan.[mt]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar